Jum'at, 14 Desember 2018  

TENTANG DEWAN
  Halaman Utama
Daftar Anggota
Hak Dan Kewajiban
Tata Tertib DPRD
Alat Kelengkapan
Fraksi


BERITA
  Terkini
Sekretariat DPRD
Pimpinan
Paripurna
Panitia Khusus
Komisi
Badan Musyawarah
Badan Legislasi
Badan Kehormatan
Badan Anggaran
Aspirasi Masyarakat


PRODUK HUKUM


 
Terima Laporan Warga, Komisi IV Lakukan Kunjungan Lapangan di Dua Tempat

Komisi
Rabu, 01/03/2017 - 01:31:00 WIB
Kunlap Komisi IV DPRD bersama SKPD terkait ke daerah aliran sungai (DAS) di Jalan Kuli
TERKAIT:
PEKANBARU - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (28/2) melakukan kunjungan lapangan (kunlap) di dua tempat untuk meninjau terhadap pembangunan jalan diatas anak Sungai Senapelan yang berada di Jalan Kulim Kecamatan Senapelan dan pembanguan di bekas Rumah Sakit A. Yani di Jalan Ahmad Yani.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel mengatakan dari laporan masyarakat antara Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan dan Kelurahan Tampan Kecamatan Payung Sekaki adanya pengaduan bahwa diatas anak Sungai Senapelan yang dibatasi dengan turap diatasnya diperlebar menjadi jalan.

"Dari kunlap yang kami lakukan tadi benar di atas tersebut sudah ditambah pelebaran jalan, dari hasil informasi dari warga, lurah, dan camat yang menyampaikan bahwa yang melakukan pembangunan tersebut adalah pihak depeloper salah satu pengembang perumahan di daerah tersebut," ungkap Roni Amriel, kepada wartawan, kemarin.

Lebih lanjut, politisi Golkar ini mengatakan setelah pihaknya melihat dokumen surat yang ada oleh pengembang mereka baru dapat persetujuan prinsip apalagi ini di atas anak sungai harusnya mengikuti undang-undang anak sungai.

"Kalaulah ini terus dibiarkan maka semua orang yang mempunyai kepentingan terhadap anak sungai maka ia bisa menutup anak sungai tersebut dan disebelah kiri di Kelurahan Kampung Baru kita melihat ada penimbunan di tanah sekolah," ujar Politisi Golkar ini.

Roni Amriel juga mengatakan bahwa pihaknya di Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru telah memanggil lurah Kelurahan Kampung Baru camat Kecamatan Senapelan dan lurah Kelurahan Tampan, camat Kecamatan Payung Sekaki, serta serta Dinas PU dan Tata Ruang Kota Pekanbaru mereka tidak mengetahui dengan kondisi tersebut.

"Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kami akan panggil pihak pengembang dan leding sektornya baik itu Badan Pelayanan Terpadu (BPT) satu pintu, kemudian Dinas PU dan Tata Ruang, ini yang akan kita pertanyakan nantinya," tuturnya.

Setelah melakukan Kunlap ke Jalan Kulim, Komisi IV kembali mendatangi Rumah Sakit A Yani yang kini masuk dalam grup Awal Bros yang berada di Jalan Ahmad Yani yang sedang melakukan pembangunan. Roni melihat bahwa pengembang melaksanakan kegiatan pembangunan berdasarkan izin prinsip. Hal ini nantinya akan merusak tata ruang.

"Hari ini kami menggunakan fungsi pengawasan kami terhadap SKPD supaya kedepan tidak ada lagi yang membangun dengan izin prinsip. Membangun itu seharusnya dengan izin pelaksanaan, untuk masalah IMB setelah kita lihat dilapangan ternyata bukan renovasi saja, ada bangunan-bangunan baru didalam sehingga ini menimbulkan pertanyaan bagi kami yang mempunyai fungsi pengawasan, bagaimana sebenarnya sistim kerja pemerintah kota ini. Pengembang bekerja hanya bermodal izin prinsip," tegasnya.

Meski UKL, UPL sudah ada begitupun Amdal Lalin, tapi izin pelaksanaan belum ada karena masih proses di TABG (Tim Ahli Bangunan dan Gedung). Namun pelaksanaan kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan. Artinya, kata Roni bisa jadi rekomendasi TABG berbeda dengan kondisi dilapangan.

"Nanti juga dalam hearing kita undang pihak pengembang, kita minta kejelasan supaya jangan lagi ada kegiatan pembangunan dimana regulasi belum selesai dengan skala yang cukup besar. Dan kita ingatkan ke semua, baik itu pemerintah maupun pengembang segera dapat mengurus apa yang menjadi regulasi dasar supaya nanti dibelakangan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang sebenarnya sengaja dilakukan," pungkasnya.
(943) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)


© Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru. All Rights Reserved